Welcome to My Blog

Senin, 14 Februari 2011

10 Film yang Mengubah Pandangan Dunia


10. Super Size Me


Super Size Me adalah sebuah film dokumenter karya Morgan Spurlock. Film ini mendokumentasikan bagaimana Spurlock menjadi tambah besar akibat makan McDonalds dengan porsi jumbo dalam 30 hari. Film ini membuat McDonalds menghentikan produksi ‘Super Size’ dalam makanannya, dan mengubah pandangan kita semua tentang junk food.

9. Rosetta


Bercerita tentang seorang gadis remaja bernama Rosetta, yang setelah meninggalkan rumah untuk melarikan diri dari ibu pecandu alkohol, mencoba untuk menemukan pekerjaan. Film ini menggambarkan karakter perjuangan yang begitu realistis dan mampu mengilhami hukum baru di Belgia yang melarang para majikan dari pekerja remaja membayar kurang dari upah minimum. Film ini dirilis tahun 1999, berhasil memperoleh penghargaan Palm d’Or di Cannes Film Festival.

8. 2001: A Space Odyssey


Mungkin sulit untuk membayangkan sekarang, tapi ketika dirilis pada tahun 1968, 2001 adalah salah satu yang paling inovatif, imajinatif, dan benar-benar membingungkan film yang pernah dibuat. Film ini menceritakan perjalanan misi ke Saturnus, yang dipuji karena detail dan realisme ilmiah. Pengaruhnya kemudian beragam, namun yang terpenting, film ini merebut imajinasi publik tentang kemungkinan perjalanan ruang angkasa, dan mengilhami banyak ilmuwan NASA yang akan menempatkan manusia di bulan setahun kemudian. Dengan pemikiran ini, sedikit mengejutkan bahwa ketika mereka mendarat di bulan dengan Apollo 11, astronot menggambarkan pemandangan yang persis seperti pada film ini.

7. Harlan County, USA


Film dokumenter ini dibuat selama berbulan-bulan di awal tahun 70-an, diikuti 180 pekerja tambang batu bara di Kentucky yang mogok kerja. Pemogokan yang panjang, perselingkuhan, dan sejumlah tindak kekerasan, dan setelah salah satu dari penambang ditembak mati, beberapa kompromi akhirnya tercapai. Film ini memenangkan Academy Award untuk kategori Best Documentary pada tahun 1976, dan kesuksesannya membantu para penambang di Harlan County serta bagian lain dari negara memperoleh kesadaran publik yang mereka butuhkan untuk menjamin kondisi kerja yang lebih aman.

6. JFK

Film tentang pembunuhan John F. Kennedy menjadi salah satu film paling kontroversial yang pernah dibuat ketika itu pada tahun 1991. Bahkan sebelum dirilis, kritikus dan sejarawan menyerang dengan teori tentang kemungkinan konspirasi pemerintah di balik pembunuhan presiden. Semua perhatian media ini pada akhirnya justru menyumbang kesuksesan film, dan membuat orang-orang untuk kembali memperdebatkan mengenai apa yang sebenarnya terjadi di Dallas pada tahun 1963.

5. An Inconvenient Truth


Tidak ada yang menyangkal film buatan Al Gore ini, film tentang bahaya pemanasan global menjadi fenomena budaya. Selain menjadi film dokumenter terlaris tertinggi keempat dalam sejarah AS, An Inconvenient Truth dikreditkan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah di seluruh dunia dan membuat perubahan iklim menjadi topik utama perdebatan dalam kampanye politik berikutnya. Pada tahun-tahun berikutnya, film ini menjadi tampilan yang diperlukan bagi pejabat pemerintah di sejumlah negara Eropa, dan bahkan telah digunakan untuk banyak kontroversi sebagai bagian dari kurikulum sains di beberapa sekolah tinggi Amerika.

4. The Battle of Algiers


Film ini merupakan bagan perjuangan dari perang kemerdekaan Aljazair pada 1950-an. karena bersifat ‘flaming’ film ini dilarang di Perancis selama lima tahun setelah rilis, dan dikutuk oleh sejumlah pejabat pemerintah. Tahun 1960-an adalah masa dekolonisasi besar-besaran di seluruh dunia, dan banyak yang mengklaim bahwa The Battle of Algiers muncul sebagai semacam petunjuk untuk melakukan perang gerilya dan telah dikatakan bahwa kelompok-kelompok seperti Black Panthers dan Tentara Republik Irlandia melaksanakan beberapa taktik yang digunakan dalam film. Pengaruh film begitu terasa sampai-sampai diputar di Pentagon pada tahun 2003 sebagai contoh masalah yang dihadapi oleh militer AS di Irak.

3. Triumph Of The Will


Film propaganda yang prototipikal, Triumph Of The Will adalah contoh dari cara-cara seni yang dapat digunakan untuk tujuan kejahatan. Sebuah film dokumenter tentang Kongres Partai Nazi 1934 di Nuremberg, potongan propaganda Triumph Of The Will dibangun dengan hati-hati dan dirancang untuk menampilkan iedologi Adolf Hitler.

2.The Birth Of A Nation


Pertama kali dirilis pada tahun 1915, film ini mengikuti peristiwa-peristiwa sekitar perang saudara Amerika, pembunuhan Abraham Lincoln, dan pembentukan Ku Klux Klan. Film ini sukses besar, tapi segera didatangi sorotan karena ketidakakuratan sejarah dan rasisme. Film ini dikutuk oleh sejumlah organisasi, termasuk NAACP, dan beberapa kota besar dilarang merilis film ini. Di tempat film ini dirilis, termasuk Boston dan Philadelphia, sering terjadi kerusuhan, dan pernah terjadi peristiwa terbunuhnya seorang kulit putih oleh remaja kulit hitam setelah ia melihat film ini.

1. The Thin Blue Line


Dirilis pada tahun 1988, film ini bercerita tentang Randall Dale Adams, seorang pria yang dijatuhi hukuman mati karena pembunuhan seorang perwira polisi Dallas. Sebagai hasil dari publisitas yang mengelilingi dirilisnya The Thin Blue Line, Adams akhirnya diberi kesempatan di pengadilan ulang, dibebaskan dari tuduhan pembunuhan, dan mendapatkan kembali kebebasannya. Film ini kini dianggap sebagai contoh klasik dari film-film dokumenter, dan gaya penceritaan film ini sangat berpengaruh pada film berikutnya dan acara televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar