Welcome to My Blog

Rabu, 11 Januari 2012

Fungsi dan Penjelasan 14 Tombol pada Setir Mobil F1


Formula One, atau biasa disebut F1 adalah sebuah kompetisi balap dunia yang di dalamnya terdapat penyatuan dari berbagai macam kecanggihan elektronik. Untuk bisa menjadi seorang pembalap F1 tidaklah mudah, sama dengan seseorang yang ingin menjadi seorang pilot pesawat tempur, bedanya jet yang dikendarai ini menapak di aspal. Selain itu seorang pembalap F1 harus mampu memfungsikan semua tombol yang ada di kokpit mobil tersebut yang tentu saja tidak mudah untuk diingat.

Sebagai pengetahuan dasar kita tentang kokpit mobil F1, mari kita mulai dengan mengenal fungsi tombol-tombol yang terdapat pada mobil F1 di bawah ini.

1. Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi yang digunakan untuk mengaktifkan semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.

2. Tombol Menu Scroll Buttons
Tombol ini berfungsi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada di dalam mobil.

3. Tombol Differential Adjustment
Tombol ini berfungsi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda, mengatur stabilitas pengereman, dan juga mengatur sistem pada mobil pada saat berbelok.

4. Tombol Neutral Switch
Tombol ini berfungsi untuk mengatur kembali setting mobil ke posisi normal.

5. Tombol Front Wing Switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.

6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.

7. Tombol Pit-to-Car Radio
Fungsinya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio.

8. Tombol Fuel Mix Adjustment
Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.

9. Tombol Throttle Map Override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikannya dengan karakteristik dan kondisi lintasan.

10. Tombol Overtake Button
Mengatur dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu 18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip.

11. Tombol Pitlane Speed Limiter
Mematikkan dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di pitlane, seperti yang Anda semua ketahui bahwa di dalam pitlane kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak maka akan dikenai hukuman.

12. Tombol Engine Breaking Level
Tombol ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas roda belakang mobil.

13. Tombol Tire Configuration
Tombol yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.

14. Tombol Master Multifunction Switch
Memungkinkan pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan sistem mesin mobil, kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.

Sekedar informasi tambahan, harga untuk setir jenis ini mencapai Rp. 368 juta. Bagaimana? Tertarik menjadi pembalap F1?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar