Welcome to My Blog

Kamis, 16 Juni 2011

10 Hewan Darat Tercepat di Dunia

1. Cheetah – 70 mil/jam (112 km/jam)

Cheetah adalah mahluk hidup tercepat yang pernah hidup di daratan, bisa mencapai kecepatan 112 km/jam sampai 120 km/jam hanya pada lintasan sepanjang 460 m (500 yard). Kemampuannya berakselerasi juga tidak bisa ditandingi mahluk hidup apapun. Cheetah bisa mencapai kecepatan dari 0 km/jam sampai 110 km/jam hanya dalam waktu 3 detik.

2. Antelop – 50 mil/jam (80 km/jam)


Hewan ini diyakini sebagai hewan tercepat kedua di dunia. Kecepatan maksimal binatang ini sangat sulit untuk dipastikan secara akurat, karena tiap individu hewan ini memilik kecepatan dan akselerasi yang berbeda-beda. Binatang ini juga memiliki kemampuan sprint lebih lama karena didukung ruang paru-paru dan jantung yang lebih besar.

3. Wildebeest – 50 mil/jam (80 km/jam)

Wildebeest adalah hewan yang mengandalkan kecepatannya untuk menghindar dari pemangsa. Binatang ini adalah makanan favorit kucing besar, karena Wildebeest yang hidup di daratan terbuka Afrika, adalah komunitas terbanyak yang bisa hidup sampai 20 tahun.

4. Singa – 50 mil/jam (80 km/jam)

Raja dari segala pemburu, singa memiliki kecepatan untuk menjadikan dirinya sebagai yang terbaik di antara yang terbaik. Mayoritas pekerjaan berburu dilakukan oleh singa betina, namun apabila singa jantan sedang dalam emosi yang tidak terkendali, bisa berlari mencapai kecepatan 80 km/jam.

5. Rusa Thompson – 50 mil/jam (80 km/jam)

Dinamai berdasarkan nama penemunya, Joseph Thompson, Rusa Thompson diakui di dunia sebagai rusa terbaik, baik dari segi bentuk fisik, kecepatan, juga kecerdikannya dibandingkan jenis rusa lainnya. Dalam hal menghindari musuh (terutama cheetah), rusa ini bisa mencapai kecepatan 80 km/jam disertai dengan pergerakan zigzag yang membingungkan. Rusa ini juga memilik ketahanan lebih baik dari cheetah (ibarat motor, penggunaan bahan bakarnya lebih irit).

6. Kuda – 47,5 mil/jam (76 km/jam)

Jenis kuda tercepat adalah Quarter Horse, diberi nama “quarter’ karena dalam pacuan kuda, kuda jenis ini bisa memimpin hampir seperempat panjang trek (misal lintasan 100 m, kuda ini bisa finish 25 meter di depan peringkat ke-2) dari kuda jenis biasa lainnya. Kuda ini bisa mencapai kecepatan maksimal 76 km/jam.

7. Rusa Besar – 46 mil/jam (73,6 km/jam)

Rusa ini sering dianggap sebagai rusa terbesar di dunia, dan juga salah satu mamalia terbesar di Amerika Utara dan Asia Timur. Hewan ini menggunakan kecepatannya untuk menghindari pemangsa, seperti hewan lainnya. Tapi perbedaannya, melihat ukuran dan kecepatannya, banyak predator yang lebih suka mengurungkan niatnya untuk memburu rusa ini.

8. Anjing Pemburu – 45 mil/jam (72 km/jam)

Anjing ini menggabungkan kecepatan dan kecerdikan dalam memburu mangsanya, mereka berburu secara berkelompok dan sangat teroganisir, salah satu anjing mengarahkan mangsanya ke suatu tempat, dan anjing lainnya siap menyerang silih berganti sampai mangsa tak berdaya.

9. Coyote – 43 mil/jam (68.8 km/jam)

Coyote menggunakan kecepatan mereka untuk berburu binatang menyusui kecil seperti kelinci, tikus, tupai, rusa, dan hewan lainnya. Binatang pemakan daging ini, hidup berkelompok, dan berburu sepanjang musim.

10. Rubah – 42 mil/jam (67.2 km/jam)

Rubah adalah pemburu yang mengkonsumsi daging dan sayur-sayuran. Mereka menggunakan kecepatan mereka untuk berburu kelinci, tikus, dan bahkan beberapa jenis burung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar